Breaking News

Pem Des Cibodas Akan Segera Realisasikan Anggaran DD Tahun 2024, Masyarakatnya Sangat Antusias


Global-hukumindonesia.com, Sukabumi - Program Dana Desa merupakan salah satu implementasi Nawacita pemerintahan Jokowi-JK yang ketiga "Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka Kesatuan Negara Republik Indonesia". Dalam kerangka pengembangan wilayah, pembangunan desa dapat ditingkatkan dengan pemberdayaan ekonomi lokal, penciptaan akses transportasi lokal ke wilayah pertumbuhan dan percepatan pemenuhan infrastruktur dasar dengan tujuan untuk mewujudkan kemandirian masyarakat dan menciptakan desa-desa mandiri dan berkelanjutan yang memiliki ketahanan sosial, ekonomi dan ekologi serta penguatan keterkaitan kegiatan ekonomi kota dan desa.

Indeks Desa Membangun (IDM) merupakan indeks komposit yang dibentuk berdasarkan tiga indeks, yaitu indeks ketahanan sosial, indeks ketahanan ekonomi, dan indeks ketahanan lingkungan. IDM memotret perkembangan kemandirian desa berdasarkan implementasi Undang-Undang Desa dengan dukungan Dana Desa serta Pendamping Desa.

IDM mengarahkan ketepatan intervensi dalam kebijakan dengan korelasi intervensi pembangunan yang tepat dari pemerintah sesuai dengan partisipasi masyarakat yang berkorelasi dengan karakteristik wilayah desa, yaitu tipologi dan modal sosial, serta pembangunan infrastruktur sarana jalan.

Seperti Saat ini pemerintahan Desa Cibodas kecamatan Bojonggenteng, kecamatan Bojonggenteng, kabupaten Sukabumi, Jawa barat, melalui Dana Desa tahap pertama tahun Anggaran 2024 akan segera dicairkan.

Dengan adanaya program Dana Desa(DD) tersebut masyarakat Desa Cibodas Sangat gembira pasalnya, dengan Anggaran Dana tersebut pihak pemdes Desa Cibodas melaui tim pelaksana kegiatan pembangunan (TPK) beserta LPMD dan masyarakat akan bersinergis dalam meningkatkan pembangunan Desa Cibodas dari berbagai Sektor, terutama pembangunan Sarana jalan dan sarana yang lainnya.

Menurut Kepala Desa Cibodas H. Ujang Suparman yang akrab disapa H. Furkon kepada global hukum indonesia mengatakan, "kita dalam segala hal demi kepentingan masyarakat kita selalu bersinergis dengan semua elemen", terangnya.

Lebih lanjut dikatakannya, "Dengan adanya Anggaran DD Tahap pertama pada tahun 2024 ini akan kita alokasikan kepada
ketahanan pangan, irigasi yang berada di kampung mangrod Rt 04/01 sepanjang 400 mx 0,80, irigasi di kampung limbangan Rt 04/01 panjang 165 mx 0,80, Irigasi di kampung bojongkopi Rt 24/05 sepanjang 150 mx 0,80, dan penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) untuk 3 bulan x 35 kepada kpm, dan pembangunan JUT pengaspalan tahap dua", pungkas H. Furkon. (Hadi/FKWSB)
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia
© Copyright 2022 - GLOBAL HUKUM INDONESIA