Breaking News

Kapolres Banyuasin Hadiri Pelantikan Panwascam se-Kabupaten Banyuasin


Global-hukumindonesia.com, Banyuasin -- Sebanyak 63 Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Se- Kabupaten Banyuasin, resmi dilantik. Pelantikan tersebut bertempat di Mess Balitbun Kecamatan Sembawa Kabupaten Banyuasin, Sabtu, 25/5/2024, pukul 16.00 WIB.

Usai dilantik, 63 Panwascam tersebut akan mengikuti pelatihan dan bimbingan teknis. Pelantikan Panwascam Pilkada serentak dilakukan langsung oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Banyuasin Siti Hollija, S.Pd.I.

Tampak hadir dalam pelantikan tersebut, Pj Bupati Banyuasin H Hani Syopiar Rustam, SH., Ketua DPRD Banyuasin Irian Setiawan SH MSi, Kapolres Banyuasin AKBP Ferly Rosa Putra, SIK., Kasat Pol PP Banyuasin Drs. H Indra Hadi, M.Si., para Komisioner Bawaslu Banyuasin Ameredi, S.Pd.I., M.Pd.I., Raden Zakaria.

Kemudian, Komisioner Bawaslu Banyuaisn Afriyadi, S.Pd., Muslim, SH., Camat Sembawa Herman Taufik, Kapolsek Pangkalan Balai AKP Samingun, SIP., Kasat Intelkam Polres Banyuasin Iptu Bagus Tabiin, dan Anggota Panwascam se Kabupaten Banyuasin.

Usai melantik 63 Panwascam, Ketua Bawaslu Banyuasin Siti Holija meminta seluruh Panwascam agar menjunjung tinggi nilai-nilai integritas dalam melaksanakan tugas demi mewujudkan pilkada yang bermartabat, berkualitas dan bermanfaat.

"Meskipun sebagian panwascam yang dilantik adalah wajah lama, saya meminta momentum ini harus dijadikan semangat baru untuk memaksimalkan aspek pengawasan dengan berpedoman pada pengalaman pengawasan dari pemilu lalu," ujar Ketua Bawaslu Siti Holija.

Siti Holija juga berpesan kepada seluruh Panwascam yang dilantik untuk menjaga amanah dan melakukan koordinasi dan kolaborasi aktif dengan para pemangku kepentingan yang ada di wilayah demi memastikan pelaksanaan Pilkada Serentak di Kabupaten Banyuasin Sukes.

Selain soal integritas, ia juga meminta Panwascam dapat menguasai aturan pilkada serentak seperti UU 10 Tahun 2016 beserta turunannya, PKPU dan Perbawaslu beserta turunannya. Sehingga pengawasan yang dilakukan bukan mengawasi person KPU dan jajaran namun mengawasi kinerja dan tahapan Pilkada berjalan sebagaimana mestinya.

"Panwascam harus tahu tugas. Tugas kita bukan mengawasi person dari KPU dan jajaran tapi mengawasi kinerja dan tahapan yang di lakukan KPU berserta jajaran nya," imbau dia.

Sementara itu Kapolres Banyuasin AKBP Ferly Rosa Putra, SIK., saat ditemui usai menghadiri pelantikan Panwascam tersebut menekankan pentingnya peran Panwascam dalam menjaga integritas dan kelancaran proses Pilkada.

"Panwascam adalah garda terdepan dalam mengawasi pelaksanaan Pemilihan di tingkat Kecamatan. Tugas ini sangat krusial untuk memastikan Pilkada berjalan secara jujur, adil, dan bebas dari pelanggaran,” Ujar Kapolres AKBP Ferly Rosa Putra, SIK.

Pelantikan ini diikuti anggota Panwascam yang akan bertugas di Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Banyuasin. Selain pelantikan, para anggota juga mendapatkan pembekalan terkait tugas dan tanggung jawab mereka dalam mengawasi jalannya Pilkada, mulai dari tahap persiapan hingga pasca-Pemilihan.

Dikatakan Kapolres, bahwa acara pelantikan dan pembekalan ini merupakan bagian dari persiapan jelang Pilkada serentak tahun 2024, di mana Kabupaten Banyuasin akan turut serta dalam memilih Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati Banyuasin.

"Dengan adanya pembekalan ini, diharapkan para anggota Panwascam mampu mengantisipasi dan menindaklanjuti segala bentuk kecurangan atau pelanggaran yang mungkin terjadi selama proses Pilkada," ungkap dia.

AKBP Ferly Rosa Putra, SIK., juga mengingatkan pentingnya sinergi antara Panwascam dan pihak Kepolisian. “Kami siapa memberikan dukungan penuh untuk memastikan keamanan dan ketertiban selama Pilkada. Mari kita bersama-sama menciptakan suasana yang kondusif agar masyarakat bisa menggunakan hak pilihnya dengan aman dan nyaman,” tutur dia.

"Dengan pelantikan dan pembekalan ini, diharapkan para anggota Panwascam dapat menjalankan tugas mereka dengan baik dan profesional, sehingga Pilkada 2024 di Kabupaten Banyuasin dapat berlangsung secara lancar dan aman", tutupnya.

Untuk diketahui bahwa dalam pelantikan Panwascam ini mendapat pengamanan puluhan Personil dari Polres Banyuasin yang dipimpin oleh Kabag Ops Polres Banyuasin Kompol Samsul Zackhri SH MSi. Pengaman ini dengan diwali apel pasukan di lokasi pelantikan. (Humas Res Banyuasin/Adel/Niky)
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia
© Copyright 2022 - GLOBAL HUKUM INDONESIA