Breaking News

Anggota DPRD Usman Halik Mendukung Penuh Kegiatan Senandung Jolo Khas Muaro Jambi


Global-hukumindonesia.com, Muaro Jambi - Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi melaksanakan pengelaran senandung Jolo yang melibatkan seribu siswa/i Terbanyak,dalam hal dewan Kabupaten Muaro Jambi apresiasi dan dukung penuh atas kesenian asli milik Kabupaten Muaro Jambi. (2/5/2024).

Dalam rangka peringatan hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS) 2024/ribuan siswa tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) bermain musik senandung Jolo dan berhasil meraih rekor dunia dari MURI (Musium Rekor Indonesia),


Senandung jolo merupakan salah satu jenis seni vokal tradisional dari Kelurahan Tanjung Kabupaten Muaro Jambi Provinsi Jambi dan dikategorikan sebagai sastra tutur karena bentuk sajian berupa pantun diiringi alat musik gambang.

Munculnya kesenian senandung jolo berawal dari kebiasaan masyarakat dahulu yang sebagian basar mata pencarian behumo (berladang) dihutan.

Usman Halik anggota DPRD Fraksi PDIP Kabupaten Muaro Jambi mengatakan, bahwa dewan sangat mendukung penuh kegiatan ini dimana senandung julo sudah dipatenkan dari kementerian Pendidikan yang merupakan salah satu Kebudayaan tak benda dan ini harus dilestarikan agar ini tidak punah di makan zaman.

Senandung jolo telah ada di kelurahan tanjung dan sudah berada diambang kepunahan karena tidak ada yang meneruskannya Hal ini disebabkan tidak adanya minat dan kecintaan anak-anak terhadap kesenian sebab dilain pihak tidak ada inisiatif atau kurangnya perhatian para seniman tradisi untuk menularkan kesenian tersebut.

Untuk diketahui kegiatan senandung jolo yang digelar hari ini bertujuan adalah untuk mengangkat dan mensosialisasikan Musik Senandung Jolo Kepada Masyarakat luas.

Selain itu Gambang adalah alat musik sejenis perkusi yang terbuat dari beberapa bilah kayu atau kayu mahang,Gambang ini sebagai instrumen pertama untuk mengiringi vokal dari sebuah pantun yang diciptakan serta gong juga instrumen pertama yang berfungsi sebagai pengiring dari vokal sebuah pantun senandung jolo tersebut Akan tetapi sesuai dengan perkembangan zaman instrumen ini bertambah dengan menggunakan rebana siam dan gendang bermuka dua. (Viryzha)
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia
© Copyright 2022 - GLOBAL HUKUM INDONESIA