Breaking News

Nia Munibah Diduga Lakukan Penipuan dengan Gunakan Mobil Rental


Global-hukumindonesia.com, Jawa Barat - Berawal dari mobil rental yang digadekan ke Yudhi Dewa. Nia Munibah sang penipu ulung berhasil menggondol uang sebesar 20 juta rupiah dari Yudhi Dewa dan sampai per hari ini uang tersebut tak kunjung dikembalikan atas titipan kendaraan yang semenjak dari awal mengatakan bahwa kendaraan ataupun mobil tersebut adalah milik pribadinya bukan punya orang lain. 

Akibat dan merasa sudah kena tipu Yudhi Dewa oleh pelaku yang bernama Nia Munibah, dan sudah cukup begitu lama Hanya bahasa janji-janji Semata yang pada prinsipnya akan membayar sampai saat ini tak kunjung datang memang sudah direncanakan dari awal kalau yang dilakukan pelaku dari awalnya mau menipu.

Dan yang mengherankan pelaku (Nia Munibah) tersebut dari keluarga terpandang yang merupakan dari salah satu keluarga ternama di daerah haurpugur.

Adapun kejadian penitipan kendaraan tersebut sudah sangat lama adanya dikarenakan dari awal Yudhi Dewa memandang keluarga besarnya akan tetapi Si pelaku seolah-olah tidak mengindahkan dan seolah-olah menantang untuk diberitakan dan dipublikasikan baik melalui cetak Koran majalah ataupun online.

Pelaku yang berinisial Nia Munibah ini memang sudah kerap kali melakukan aksinya menitipkan kendaraan milik orang lain (pihak rental) kepada para korban selama kejadian dengan Yudhi Dewa salah satu wartawan dari awak media Global hukum Indonesia, ternyata pelaku sudah menitipkan sebanyak 11 unit mobil rental kepada para korban, yang ujungnya para korban dibawa ke kantor Kepolisian dan anehnya pada waktu kejadian tersebut yang melaporkan adalah pihak keluarga bukan dari pihak yang memiliki kendaraan atau pihak rental, Ada apakah ini?..., sesuai dengan data yang dimiliki Yudhi Dewa waktu chattingan dengan saudaranya pelaku. Pada tangga 10 Juli 2023. 

Sebelum terjadinya transaksi Yudhi Dewa sudah menanyakan berulangkali kepada saudara Baban Sobana selaku adik dari pelaku, dan menyampaikan berulang kali kalau mobil ini statusnya mobil rental atau apa?..., tanya Yudhi Dewa kepada Baban Sobana. Dan jika mobil rental saya tidak menerima atau tidak berani dan tidak sanggup karena akan terjerat tindak pidana.

Undang-undangnya yaitu Baik pemberi maupun penerima gadai mobil rental atau kendaraan sewa dapat dijerat dengan KUHP atau UU 1/2023. Bagi pemberi gadai, tindakan menggadaikan mobil rental, merupakan tindak pidana penggelapan. Penggelapan dalam bentuk pokok diatur dalam Pasal 372 KUHP atau Pasal 486 UU 1/2023.

Namun jawaban dari Baban Sabana pada waktu itu, "kalau mobil ini jelas mobil punya Denia, Denia ini orang kaya masa mau menipu", jawab Baban selaku adik pelaku, Jadi kesimpulannya memang sudah dirancang dan disusun adanya penipuan tersebut.

Di sini bukan hanya terkait dengan mobil rental yang dilakukan penipuan oleh pelaku kepada warga masyarakat baik kepada orang yang kenal maupun yang tidak kenal, Diduga ada juga tindakan penipuan lainnya seperti dengan janji akan memasukkan jadi calon TNI, dan uang dari para calon tersebut diambil dan diminta dengan nominal yang fantastik, uang yang diterima untuk bisa masuk di kesatuan Tentara Nasional Indonesia (TNI) diambil tapi janjinya nihil, tidak terbukti dan uang yang sudah diberikan dari para korban kepada pelaku tersebut tak kunjung balik. Seperti yang dialami oleh Oong, salah satu warga kampung desa haurpugur yang berada di patrol sudah kena tipu dengan nominal 500 juta hanya dikembalikan beberapa saja dan sampai saat ini tidak jelas ujungnya. 

Terkait dengan mobil rental yang dititipkan kepada Yudhi Dewa, pelaku atau yang lebih kerap diketahui warga haurpugur dengan panggilan Denia ini, Setiap Yudhi Dewa telepon atau mempertanyakan berkaitan dengan kapan akan dikembalikannya uang tersebut sampai saat ini tidak ada tanggapan dan tidak ada balasan. 

Dan pelaku dikabarkan selalu berpindah-pindah tempat tidak jelas domisili tetapnya, dan Yudhi Dewa menanyakan kepada pihak keluarga Denia atau Nia Munibah alamatnya tapi tidak diberikan dan keluarga pelaku menyampaikan bahwa mereka pun tidak tahu dimana saat ini Denia berada dan menetap.

Sampai diturunkannya pemberitaan ini harapan dan keinginan Yudhi Dewa beserta istrinya, hanya menginginkan uang hasil titipannya tersebut kembali tidak lebih tidak kurang

Kalau sampai pemberitaan ini tidak diindahkan dan tidak ada tanggapan maka akan dibuatkan yang lebih dari pemberitaan sebelumnya terkait penipuan yang dilakukan Denia selaku penipu dengan gunakan mobil rental. (Rd. Hadi)
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia
© Copyright 2022 - GLOBAL HUKUM INDONESIA