Breaking News

Jadi Narasumber, Danrem 162/WB Ingatkan Ketahanan Pangan Nasional


Global Hukum Indonesia, Bima – Komandan Korem 162/WB Brigadir Jenderal TNI Agus Bhakti, S.I.P., M.I.P., M.Han., menjadi salah satu narasumber dalam Seminar Membangun Industri Halal yang diselenggarakan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bima di Auditorium Kampus STIE Bima, Kamis (18/4/2024).

Seminar yang mengusung tema “Membangun Ekosistem Industri Halal Dalam Meningkatkan Value Kewirausahaan di Bima” itu diikuti oleh ratusan mahasiswa STIE Bima dan hadir juga Asisten I Pemkot Bima Hasim, Ketua Umum BMWI Samsul Hidayat, dan Rektor STIE Bima Firdaus.

Danrem 162/WB mengawali paparannya tentang pertahanan negara yang melibatkan semua komponen anak bangsa termasuk generasi muda yang memiliki peranan penting dalam kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara. 

Menurutnya, generasi muda memiliki peranan penting dalam menjaga keutuhan, persatuan dan kesatuan bangsa, serta sebagai agen perubahan yang dapat membawa bangsa dan negara untuk terus melaju menuju Indonesia Maju. 

Lebih lanjut, Pati bintang satu itu menjelaskan, membangun industri halal tidak terlepas dari ketahanan pangan yang bersumber dari sumber daya alam terutama komoditas pertanian dengan memanfaatkan lahan pertanian secara optimal sehingga hasil produksi pertanian mampu mencukupi kebutuhan masyarakat.

Ketahanan pangan tidak hanya berbicara lokal atau daerah, namun harus dilihat secara komprehensif karena setiap daerah memiliki keunggulan produksi pertanian yang berbeda dan saling melengkapi seperti padi, jagung, kedelai, rempah-rempah, sayur-sayuran dan lainnya.

Selain itu, Agus Bhakti juga mengingatkan dalam memproduksi sebuah produk unggulan harus bisa membaca pangsa pasar, kemudian dikemas yang bagus dan menarik dengan diberikan label halal yang diperoleh dari Badan Penyelenggara Jaminan Produksi Halal berdasarkan fatwa MUI sehingga akan menarik konsumen untuk membeli.

Selain Danrem 162/WB, juga hadir putri Wakil Presiden RI sebagai narasumber yaitu Prof. Dr. Siti Hj. Nur Azizah Ma'ruf Amin, S.H., M.Hum., yang memberikan kuliah umum kepada para mahasiwa STIE Bima. (Ismail/ms)
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia
© Copyright 2022 - GLOBAL HUKUM INDONESIA