Breaking News

Pemerintah Kota Jambi Borong Penghargaan dari APJII


Global-hukumindonesia.com, Jambi - Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi kembali meraih penghargaan dibidang percepatan transformasi digital, khususnya berkenaan dengan fasilitasi dan penataan jaringan utilitas kabel udara telekomunikasi. Kali ini Pemkot Jambi borong penghargaan dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Provinsi Jambi, dan menjadi satu-satunya Pemerintah Daerah di Provinsi Jambi yang meraih dua sekaligus penghargaan dalam acara tersebut, yaitu untuk kategori Pemerintah Daerah Peduli Estetika dan Penataan Kabel serta Perangkat Daerah Diskominfo Kota Jambi sebagai Mitra Strategis APJII. 

Penganugerahan penghargaan itu diserahkan langsung oleh Ketua Umum Pengurus Pusat APJII Muhammad Arief Angga yang diterima oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Jambi Abu Bakar atas nama Pemerintah Kota Jambi dalam sebuah acara selebrasi yang berlangsung di Hotel Yello Jambi, Selasa (19/3/2024).

Pemkot Jambi dinilai memiliki perhatian yang besar terhadap keselarasan pemasangan jaringan kabel internet dengan estetika ruang kota. Diantaranya dengan membentuk Tim Terpadu yang beranggotakan dari jajaran Pemkot Jambi dan APJII Provinsi Jambi. Melalui Keputusan Wali Kota Jambi Nomor 389 Tahun 2023 Tentang Penataan dan Penertiban Utilitas Pembangunan Kabel Udara Jaringan Telekomunikasi Pemerintah Kota Jambi, penataan kabel udara jaringan telekomunikasi di Kota Jambi berlangsung optimal. Demikian dikatakan Ketua APJII Provinsi Jambi Almen Manihuruk kepada sejumlah awak media usai penganugerahan tersebut.

"Ya, Pemkot Jambi sangat berkomitmen mengawasi pemasangan kabel udara telekomunikasi, kami bersama-sama dengan Pemkot Jambi bergabung dalam satu tim terpadu yang secara berkala melakukan pengawasan dan penataan serta perapihan kabel udara di Kota Jambi", ujarnya.

Menurut Almen, terbentuknya Timdu itu juga dapat memperkuat posisi APJI dalam melakukan pembinaan kepada provider internet dibawah koordinasinya.

"Sinergi seperti ini tentu memperkuat posisi APJII dalam melakukan pembinaan kepada provider internet, seperti dengan membuat agenda pengawasan yang melibatkan semua unsur provider, membagi waktu dan area pengawasan, sehingga seluruh provider turut bertanggungjawab kepada kabel jaringannya sendiri, dan itu juga menegaskan bahwa respon terhadap pengawasan akan menjadi lebih cepat dan tanggap," tambahnya.

Ketua APJII Provinsi Jambi itu juga mengapresiasi Diskominfo Kota Jambi sebagai mitra strategis dalam membangun kemitraan antara Pemerintah dengan perusahaan jasa penyelenggara internet.

"Secara khusus, kami juga mengapresiasi Kepala Dinas Kominfo Kota Jambi, pak Abu Bakar sebagai leadernya yang telah membangun sinergi yang sangat baik dan strategis antara kami selaku provider internet dengan Pemkot Jambi, oleh karenanya beliau juga layak mendapatkan penghargaan dari APJII yang tadi secara langsung juga diserahkan oleh Ketua Umum APJII, semoga kemitaraan ini terus terbina dan terjaga dengan baik," pungkas Almen.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Kominfo Kota Jambi, Abu Bakar mengapresiasi atas diterimanya penghargaan itu. Katanya penghargaan tersebut menjadi modal jajaran Pemkot Jambi dalam melakukan pengawasan penataan kabel udara di wilayah Kota Jambi.

"Kami menyampaikan apresiasi kepada APJII yang telah memberikan penghargaan ini, tentu penghargaan ini akan menjadi modal kami bersama-sama dengan APJII dalam melakukan pengawasan jaringan kabel udara di wilayah Kota Jambi," kata Abu Bakar.

Lanjut Abu, hal ini bisa terlaksana karena dukungan Kepala Daerah dan Perangkat Daerah terkait dilingkup Pemkot Jambi.

"Tentu ini terlaksana karena komitmen Kepala Daerah dan sinergi antar OPD terkait dilingkup Pemkot Jambi", imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Umum APJII Muhammad Arif Angga mengapresiasi yang dilakukan APJII Provinsi Jambi dalam menyelenggarakan kegiatan tersebut. Katanya, perkembangan APJII di Provinsi Jambi sangat baik, kompak dan berkembang pesat bahkan dibandingkan dengan beberapa wilayah lain di Indonesia.

"APJII Jambi hampir sama dengan Jogja. Kompaknya luar biasa," kata Muhammad Arif Angga.

Tambahnya, berdasarkan data yang ada, perkembangan layanan internet di Jambi juga cukup baik. Jambi diakomodir oleh belasan penyelenggara layanan internet yang sangat potensial. Dia meyakini perkembangan internet di Jambi kedepan akan lebih pesat lagi.

"Saya yakin Jambi juga akan berkembang pesat, akan ada teman-teman yang lain lagi yang akan masuk ke Jambi," imbuhnya.

Dia juga berpesan agar APJII Jambi terus kompak dan melayani pelanggan termasuk menantang pengurus APJII Jambi untuk konsisten merapikan kabel-kabel yang belum tertata dengan baik.

"Biar tata kota baik, maka perapian kabel harus konsisten dilakukan", katanya.

Dalam acara penganugerahan penghargaan yang dirangkai dengan buka puasa bersama itu juga presentasikan Hasil Survey Penetrasi Internet Provinsi Jambi Tahun 2024 oleh Sekretaris Umum Pengurus Pusat APJII Zulfadli Syam.

Turut hadir dalam acara itu, Kabid Pengembangan Wilayah Pengurus Pusat APJII Isan Supriadi, Kabid Layanan & Komunikasi Pengurus Pusat APJII Danang Wijayanto, GM PT. Telkom Jambi Hasnul Arif, Ketua Pengurus Wilayah APJII Prov. Jambi Almen Manihuruk, Pengurus dan Anggota Wilayah APJII Prov. Jambi, Provider Internet mitra APJII, Diskominfo se-Provinsi Jambi, serta stakeholders terkait lainnya. (Viryzha)
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia
© Copyright 2022 - GLOBAL HUKUM INDONESIA