Breaking News

Kegiatan Musrenbang RKPD Tahun 2025 Pemkab Sarolangun Berjalan Lancar


Global-hukumindonesia.com, Sarolangun - Pemerintah kabupaten Sarolangun melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, (Rabu, 20/03/2024) menggelar kegiatan Musrenbang RKPD tahun 2025 bertempat diaula utama kantor Bupati Sarolangun yang dibuka secara langsung oleh Pj Bupati Sarolangun Dr. Ir. Bachril Bakri, M.App.Sc.

Asisten III Setda Sarolangun selaku ketua penyelengara kegiatan tersebut, dalam laporannya, mengatakan, "Musrenbang RKPD ini dalam rangka menyusun RKPD Kabupaten Sarolangun tahun 2025, sesuai dengan amanat UU No 25 Tahun 2004, tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional", jelasnya.

Selanjutnya, kegiatan musrenbang merupakan suatu forum pemangku kepentingan dan wahana antar pihak, baik secara langsung dan tidak langsung yang nantinya berdampak dari kegiatan pembangunan daerah", ujarnya.

Sementara itu Pj Bupati Sarolangun, Dr. Ir. Bachril Bakri, M.App.Sc. dalam sambutannya mengatakan, "ucapan terima kasih banyak kepada semua pihak yang sudah hadir dan sudah bekerja sama dengan baik, sehingga Pemerintah Kabupaten Sarolangun bisa menjalankan pelayanan dan pembangunan bersama dengan seluruh masyarakat selama ini dengan baik,” jelasnya.

"Tidak ada satu rupiahpun didalam APBD tanpa ada perencanaan, makanya penyusunan RKPD membutuhkan dan memakan waktu yang lama, selain kemampuan APBD yang terbatas dalam perencanaan juga harus bisa menentukan mana yang bisa diusulkan ke Provinsi dan mana yang bisa diusulkan ke pusat. sehingga bisa menyelaraskan program Pemerintah Daerah dengan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat", ujarnya.

"Jika tahun 2023 ada perbaikan capaian, yakni peningkatkan angka Indeks Pembangunan Manusia pada tahun 2023 sebesar 0,4 poin, dari IPM 70,89 Tahun 2022 menjadi IPM 71,29 tahun 2023. Sedangkan untuk angka pengangguran mengalami penurunan pada tahun 2023 sebesar 0,11 persen, ditahun 2022 angka pengangguran terbuka di Kabupaten Sarolangun sebesar 5,22 persen dan menurun pada tahun 2023 menjadi sebesar 5,09 persen", ungkapnya.

"Harapan saya dengan dilaksanakannya kegiatan musrenbang RKPD Kabupaten Sarolangun tahun 2025 ini, bisa turut mendukung terwujudnya pencapaian visi RPJP Nasional “Indonesia Emas” yaitu negara nusantara yang berdaulat, maju dan berkelanjutan", tutup Pj Bupati Sarolangun.

Kegiatan tersebut dihadiri Pj Sekda Dedi Hendri, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sarolangun Syarial Gunawan, Ketua Komisi I DPRD Fahrul Rozi, para Asisten, para Staf Ahli Bupati, Kepala OPD dan para Camat. Selain itu hadir juga unsur Forkompimda Kabupaten Sarolangun, perwakilan dari Bappeda Provinsi Jambi, perwakilan Bupati Batang Hari, TP PKK, Darma Wanita dan Tokoh masyarakat.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan penyerahan penghargaan untuk Pelaksanaan Musrenbang tingkat Kecamatan terbaik, yangmana untuk terbaik pertama diperoleh oleh Kecamatan Sarolangun, terbaik kedua Kecamatan Mandiangin dan terbaik Ketiga Kecamatan Bathin VIII. Sementara penghargaan Inovasi Daerah terbaik pertama Damkar, Kedua BKPSDM dan ketiga Kecamatan Sarolangun.

Kemudian kegiatan musrenbang RKPD tahun 2025  tersebut dilanjutkan dengan pemaparan oleh narasumber dan tanya jawab seputar perencana pembangunan Kabupaten Sarolangun kedepan. (Anw)
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia
© Copyright 2022 - GLOBAL HUKUM INDONESIA