Breaking News

Wakapolres Banyuasin dan Ratusan Personel Polres Banyuasin Turun Langsung Pastikan Pelantikan Kepala Desa Berjalan Aman


Global-hukumindonesia.com, Banyuasin - Polres Banyuasin terjunkan ratusan personel demi memastikan pelantikan Kepala Desa Paldas, Kec. Rantau Bayur berjalan aman yang berlangsung di Audithorium Pemerintah Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan. (03/01/2024).

Acara tersebut dipimpim oleh Pj Bupati Banyuasin H. Hani Syopiar Rustam, SH., dan dihadiri langsung oleh Wakapolres Banyuasin Kompol Adriansyah, SE., SIK., Dandim 0430 Banyuasin Letkol Inf Roni Sugiarto, Kasi Intelijen Kejari Banyuasin Didi Aditya Rustanto SH MH, Sekretaris Daerah Banyuasin Ir. Erwin Ibrahim, ST., MM., MBA.

Kemudian, Kadis PMD Banyuasin Rayan Nurdiansyah, S.STP., M.Si., Kasat Pol PP Banyuasin Drs. H Indra Hadi, Camat Rantau Bayur, Syaiful, S.Sos., Kepala Baznas Banyuasin, H. AH Darmiyati, S.Ag., beserta para asisten dan tamu undang +- 100 orang.

Selanjutnya Pj Bupati Banyuasin mengatakan, Hari ini Pemerintah Daerah Kabupaten Banyuasin melaksanakan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Jabatan Penjabat Kepala Desa Paldas sebagai tindak lanjut atas ditetapkannya pemberhentian Saudara Aidil Fitri, S.Pd., dari jabatan sebagai Kepala Desa Paldas periode 2022 - 2028.

Sambungnya, Pemberhentian Saudara Aidil Fitri, S.Pd., dengan hormat dikarenakan hasil Putusan Pengadilan Tata Usaha Negara Palembang, Hal ini dilaksanakan sesuai ketentuan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintahan dan Peraturan Mernteri Dalam Negeri Nomor 65 Tahun 2017 tentang Perubahan AtasPereturan Menteri Dalam Negeri Nomor 112 Tahun 2014 tentang Pemilihan Kepala Desa. 

Selanjutnya dalam kesempatan ini Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Banyuasin mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas jasa dan pengabdian Saudara Aidil Fitri, S.Pd., selama menjabat sebagai Kepala Desa Paldas.

"Dan kepada Penjabat Kepala Desa yang baru dilantik, yakni Saudara Oka Mahenda, SM., Saya mengucapkan selamat mengemban tugas, semoga diberi kekuatan lahir batin untuk melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya di Desa Paldas Kecamatan Rantau Bayur," Ucap Kapolres.

"Saya meminta kepada seluruh unsur Pemerintahan Desa dan masyarakat untuk memberikan dukungan pada Pejabat Kepala Desa Paldas yang telah dilantik dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya, Pejabat kepala Desa melaksanakan tugas, wewenang, kewajiban dan memperoleh hak yang sama dengan kepala Desa Waktu hasil musyawarah Desa," pintanya.

Kemudian Wakapolres Banyuasin Kompol Ardiansyah, SE., SIK., saat dikonfirmasi di Mapolres Banyuasin seusai kegiatan tersebut mengatakan saya Menginstruksikan 125 Personel Polres Karena diadakannya kegiatan pelantikan dan pengambilan sumpah pejabat Kepala Desa Paldas Kec. Rantau Bayur Kab. Banyuasin dan tidak menutup Kemungkinan  akan terjadi unjuk rasa/protes dari pendukung Sdr. Aidil Fitri, S.Pd., Mantan Kades Paldas yang sudah dinonaktifkan. 

“Secara nyata memang tidak ada gangguan keamanan juga ancaman gangguan lainnya akan tetapi kita dari Pihak kepolisian tetap antisipasi terhadap hal hal yang tidak di inginkan dan tetap tingkatkan kewaspadaan", Ucap Ardiansyah.

"Kepada Pejabat Kepala Desa Paldas harus mampu mengajak, merangkul, dan bekerja Sama dengan BPD, Perangkat Desa, Lembaga Kemasyarakatan Desa, Mantan Kepala Desa dan pendukungnya serta seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama membangun Desa," Harap Ardiansyah.

"Tetap kita jangan sampai under estimage dan jaga keselamatan bersama dari ancaman gangguan kamtibmas, setiap kegiatan masyarakat anggota polisi harus terjun di kegiatan masyarakat", Tutupnya. (Adel)
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia
© Copyright 2022 - GLOBAL HUKUM INDONESIA