Breaking News

Babinsa Jajaran Kodim 1615/Lombok Timur Kembali Lakukan Pendampingan Ketahanan Pangan


Global Hukum Indonesia, Lombok Timur – Bintara Pembina Desa atau dikenal dengan Babinsa kembali melakukan pendampingan terhadap petani khususnya di wilayah Kabupaten Lombok Timur. Pendampingan tersebut dilakukan kepada para petani mulai dari penyemaian, penananam hingga panen.

Demikian dikatakan Komandan Kodim 1615/Lombok Timur Letnan Kolonel Inf Bayu Sigit Dwi Untoro disela-sela kesibukannya usai video conferent bersama Aster Kasad di Makodim, Senin (22/1/2024).

Untuk diketahui, hari ini Babinsa Wanasaba Koramil Selong Sertu Basri melakukan pendampingan pemupukan tanaman padi di kelompok tani Nyambuk Bawang Desa Wanasaba di atas lahan seluas 25 are. Sedangkan Babinsa Ketangga Koramil Keruak melakukan pendampingan penanaman padi terhadap petani di kelompok tani Lengayem Bersatu di Dusun Ketangga Jeraeng Timur Desa Ketangga Kecamatan Keruak di atas lahan sekitar 50 are.

Dijelaskannya, pendampingan petani ini sebagai salah satu upaya untuk menjaga ketahanan pangan di NTB khususnya di Kabupaten Lombok Timur terutama padi dan jagung.

“Ini juga sesuai dengan program TNI AD tahun ini untuk mendukung ketahanan pangan terutama beras dan jagung, minimal di daerah kita bisa terpenuhi kebutuhan masyarakat,” ujarnya. 

Menurut Bayu Sigit, dalam mendukung ketahanan pangan diperlukan kerjasama stakeholder terkait mengingat hampir setiap tahun lahan pertanian berkurang karena menurunnya lahan produktif dan kebutuhan akan perumahan yang dihadapkan dengan pertumbuhan penduduk terus bertambah.  

Untuk mengantisipasi itu, lanjutnya, harus dilakukan pemanfaatan lahan kosong baik milik pemerintah maupun swasta yang tidak di manfaatkan dengan sistem bagi hasil, sewa atau pinjam gratis sehingga tanah memiliki manfaat dan nilai ekonomis serta membantu ketahanan pangan. (Ismail/ms)
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia
© Copyright 2022 - GLOBAL HUKUM INDONESIA