Breaking News

Aminullah Usman Caleg DPR-RI PAN Dapil Aceh II: Bertekat Perangi Rentenir


Global-hukumindonesia.com, Aceh Tamiang - Rekam Jejak seorang sosok H. Aminullah Usman, SE., Ak.M.M., merupakan mantan Wali Kota Banda Aceh berhasil mencatat prestasi dalam memberantas peraktek rentenir di Aceh, menjadi salah satu masalah sosial meresahkan masyarakat Aceh. Dengan kebijakan proaktif dan solutif, Aminullah berhasil menciptakan langkah-langkah konkret untuk mengatasi permasalahan. Minggu (28/1/2024).

Hal tersebut, Aminullah Usman, dengan WhatsAppnya menyampaikan kepada media global-global-hukumindonesia.com bahwa "Mengatasi permasalahan dari langkah yang kita ambil adalah pendirian Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS) Mahirah Muamalah bertujuan memberikan alternatif permodalan yang adil dan terjangkau bagi masyarakat, khususnya pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

"Melalui LKMS Mahirah Muamalah kita memberikan solusi kepada masyarakat yang sering kali menjadi korban praktik rentenir. Dengan memberikan akses lebih mudah, bunga yang wajar, dan proses yang transparan. Pendekatan syariah dalam lembaga keuangan memberikan keberlanjutan dan keadilan dalam sistem permodalan.

"Selain itu, kita mengedepankan program pelatihan keterampilan dan pemberian modal usaha kepada masyarakat, dengan memberdayakan ekonomi masyarakat, dengan tujuan memberikan alternatif yang kuat dan berkelanjutan sehingga masyarakat tidak terjerat dalam praktik rentenir yang merugikan", jelasnya.

Aminullah Usman, Caleg DPR-RI PAN dapil Aceh II menyebutkan "Mengatasi permasalahan rentenir bukan hanya bersifat reaktif, tetapi juga proaktif dengan menciptakan lembaga keuangan yang mampu menjadi solusi nyata. Keberhasilan ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi daerah lain, guna menghadapi tantangan serupa dan menciptakan lingkungan ekonomi yang sehat.

"Dengan data menunjukan, jumlah masyarakat Banda Aceh menggunakan rentenir atau tengkulak untuk mendapatkan pinjaman turun drastis, dari 80% ditahun 2018 menjadi 14%, di tahun 2019 tersisa hanya 2% hingga akhir masa jabatannya.

"Rentenir orang yang mencari nafkah dengan membungakan uang, dan haram menurut hukum Islam. Kita bertekad berperang melawan rentenir karena mencekik leher masyarakat kecil dan jelas bertentangan dengan syariat Islam, yakni Al Qur’an dan hadits, atau biasa juga disebut ribawi", sebutnya.

Lanjut Aminullah "LKMS Mahirah Muamalah sangat berpengaruh dalam menjaga pertumbuhan UMKM. Sebagaimana data dari dinas terkait pada tahun 2017 jumlah UMKM di Banda Aceh 8.255 unit. Meskipun diterpa badai pandemi, data menunjukkan UMKM tetap tumbuh subur di tahun 2021 mencapai 16.970 unit, hingga masa jabatan Aminullah berakhir di tahun 2022, angka tersebut berhasil menembus 17.300 UMKM.

"Bagaimana untuk mampu membangkitkan UMKM di Banda Aceh. Dimasa menjabat Wali Kota Banda Aceh, bertekad menekan angka kemiskinan dan berhasil menjadi 7,14% dengan IPM 85,71%. Dan fokus dalam pemberdayaan SDM khususnya peningkatan sektor pelaku UMKM.

"Dari segi pertumbuhan ekonomi Banda Aceh di tahun 2017 sebesar 3,39%, naik menjadi 4.49% pada 2018 turun sedikit menjadi 4,13% tahun 2019, dan sempat berada pada angka -3,29% tahun 2020 karena dampak pandemi. Namun di tahun 2021 pertumbuhan ekonomi Banda Aceh kembali bangkit dan mengalami peningkatan sebesar 5,53%.

"Adapun perbandingan PDRB, Income Perkapita dalam rentang waktu empat tahun terakhir kita memimpin Banda Aceh juga menunjukkan tren positif. Diketahui tahun 2017 Pendapatan per kapita Rp. 64,21 juta per tahun, dan di Tahun 2021 berhasil menembus angka Rp 78,16 juta per tahun. Angka ini dinilainya melampaui rata-rata Provinsi dan nasional. Berharap keberhasilan tersebut, dapat ditularkan ke daerah lain jika dirinya terpilih sebagai anggota DPR-RI perwakilan rakyat Aceh tahun 2024.

“Mohon doa dan dukungan masyarakat khususnya dapil Aceh II, semoga dengan kerja nyata dan bermanfaat bagi rakyat khususnya rakyat kecil dan bisa kita tularkan ke daerah Aceh lainnya", ungkap Aminullah Usman. (Ls)

Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia
© Copyright 2022 - GLOBAL HUKUM INDONESIA