Breaking News

Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Informasi Kelurahan oleh Mahasiswa Komunikasi Digital dan Media IPB University


Global-hukumindonesia.com, Sukabumi Kota - Institut pertanian Bogor (IPB) Goes to Kelurahan merupakan salah satu Project Based Learning (PBL) yang dikerjakan oleh mahasiswa/I jurusan Komunikasi Digital.

Dan Media IPB University ini dalam rangka praktik mata kuliah Komunikasi Digital. Adanya project tersebut bertujuan untuk meningkatkan Komunikasi Digital di lingkungan kelurahan. 

Salah satunya di Kelurahan Baros merupakan salah satu kelurahan yang dibantu untuk meningkatkan kecakapan masyarakatnya dalam berkomunikasi melalui media digital.

Dalam melaksanakan kegiatan Project Based Learning (PBL) ini mahasiswa/I tersebut dimulai dengan membantu mengelola akun instagram kelurahan Baros agar penyampaian informasi yang dapat diatur sesuai dengan kebutuhan.

Kegiatan ini dilakukan selama satu bulan sejak tanggal 18 Oktober 2023 dan berakhir pada tanggal 27 November 2023. 

Kolaborasi dilakukan oleh 9 mahasiswa/I jurusan  Komunikasi Digital dan Media IPB University dengan kelurahan Baros, Kota Sukabumi yaitu Anger Rahmat Adinegoro, Ulfi Asfia Inka, Syifa Yuma Abiyyu, Mellisa Tri Utami, Nasya Karina Nur’aziza, Rheynaldi Ciptanda Fatya, Quenny Zada Amatillah, Fadila Nurul Aziziyah, dan Muhammad Ridwan Fadillah.

Kegiatan ini disambut hangat oleh pihak kelurahan, hal ini diungkapkan oleh Sekretaris Kelurahan Baros Raden Ahmad Mahalli, S.STP., M.Tr. A.P.

Hal tersebut juga disampaikan oleh Kasi Pemerintahan, Ketentraman dan Ketertiban Umum Ajid Ibrahim, S.E., M.Si., “Saya sangat berterimakasih atas kedatangan mahasiswa/I dari IPB ini yang membawa warna baru untuk Kelurahan Baros”, ungkapnya.

Kegiatan PBL yang dilakukan mahasiswa/I terhadap Instagram kelurahan menghasilkan beberapa karya seperti tamplate postingan Instagram, tamplate story Instagram, Konten kreatif, poster persuasif, dan logo kelurahan. Mahasiswa/I ini juga mengikuti beberapa kegiatan yang ada di Kelurahan Baros, seperti mendokumentasikan kegiatan Posyandu dan juga melakukan kegiatan sosialisasi peningkatan literasi digital bersama dengan Perpustakaan Kelurahan Baros.
 Perpustakaan Kecamatan Baros, Forum Taman Baca Masyarakat Kota Sukabumi, dan Teman Asa kepada anak-anak di SD Negeri Genteng, Kelurahan Baros.

Salah satu Mahasiwa dari kelompok ini mengungkapkan, “Diharapkan kedatangan kita untuk penugasan Komunikasi Digital di Kelurahan Baros dapat membantu meningkatkan kemampuan Komunikasi Digital masyarakat kelurahan menjadi lebih baik lagi dan Terimakasih kepada Kelurahan Baros telah menyambut kita dengan baik", terang Anger Rahmat A sebagai Ketua Kelompok. (Hadi)
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia
© Copyright 2022 - GLOBAL HUKUM INDONESIA