Breaking News

Dugaan Proyek Siluman Ditengah Kota Sarolangun, Dinas Terkait Diminta Croschek Lapangan


Global-hukumIndonesia.com, Sarolangun - Proyek normalisasi sungai di kecamatan Sarolangun, pihak rekanan diduga sengaja menyembunyikan informasi kegiatan kepada masyarakat, karena pekerjaan tersebut yang sudah berjalan kurang lebih 2 minggu namun papan informasi proyek tidak pernah dipasang.

Padahal papan informasi proyek merupakan mplementasi azas transparansi, sehingga masyarakat dapat ikut serta dalam proses pengawasan. oleh karena itu semestinya setiap pekerjaan yang dibiayai oleh negara wajib untuk memasang papan nama informasi proyek.

Salah seorang warga di sekitar lokasi pekerjaan tersebut yang namanya tidak bersedia dipublikasikan mengatakan, "sejak awal dikerjakan tidak diketahui asal usul kegiatan, baik nama pelaksananya, jumlah dana, sumber anggaran maupun pihak pengawas tidak diketahui", bebernya.

“Entah dari mana asal usul proyek normalisasi ini bang, apakah dari dinas atau pribadi kami warga sekitar tidak tahu,
Terkait adanya kegiatan normalisasi tersebut mendapat tanggapan dari Aliasak anggota LSM Bidik, menurutnya jika kegiatan proyek tidak memasang papan informasi, ada dugaan indikasi untuk menutup informasi kepada publik, sehingga masyarakat tidak mengetahui asal usul kegiatan", ungkap warga sekitar lokasi. (Kamis, 07/12/2023).

"Padahal menurutnya Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Nomor 14 Tahun 2008 dan Perpres Nomor 54 Tahun 2010 dan Nomor 70 Tahun 2012, dimana mengatur setiap pekerjaan bangunan fisik yang dibiayai negara wajib memasang papan nama proyek sehingga masyarakat tahu jenis kegiatan, lokasi proyek, nomor kontrak, waktu pelaksanaan dan nilai kontrak serta jangka waktu atau lamanya pekerjaan", ujarnya.

"Lebih pasnya kita sebut proyek siluman karena tidak jelas nama pelaksananya maupun sumber anggaran yang digunakan",  Pungkasnya. (As'78)
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia
© Copyright 2022 - GLOBAL HUKUM INDONESIA