Breaking News

2 Kejanggalan Ditemukan Saat Simulasi Pemungutan suara Yang Digelar KPU Kabupaten Bangka


Global-hukumindonesia.com, Bangka - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara pemilu tahun 2024 di Gedung Dharma Wanita, Minggu (24/12/2023). Kegiatan tersebut diikuti oleh anggota PPS, PPK, KPPS dan perwakilan dari partai peserta pemilu.

Saat ditanyakan mengenai adanya kejanggalan yang ada di kertas surat suara calon presiden dan wakil presiden, Eko Iswantoro, anggota Komisi KPU Bangka Divisi Hukum dan Pengawasan menjelaskan bahwa kejadian itu akan menjadi satu catatan bagi pihak KPU.

"Oleh sebab itu apabila pada saat proses simulasi pemungutan suara ini ada kekurangan ada kejanggalan yang ditemukan, kami minta masukannya dan nantinya bisa kita selesaikan. Karena ini kan baru pelaksanaan simulasi saja, setidaknya menjadi upaya kita untuk mengadakan antisipasi apabila ada ditemukan kekurangan atau kejanggalan di lapangan," ujarnya.

Kemudian dengan adanya peserta simulasi yang menggunakan baju partai, dirinya menjawab jika kejadian tersebut juga akan dijadikan sebuah catatan. Dengan tegas Eko katakan penggunaan baju partai tidak boleh digunakan pada saat proses pencoblosan nanti. 

Menurut penjelasan Eko, karena hari ini kegiatan yang dilaksanakan baru sebatas simulasi saja, maka pihaknya masih memberikan kelonggaran atas kejadian tersebut.

"Kegiatan ini menjadi sebuah permulaan bagi kawan PPK dan KPPS agar mereka nantinya lebih bisa mencerna sehingga bisa menyampaikan ke tingkat selanjutnya secara berjenjang. Kami harapkan, nanti rekan-rekan PPK, PPS dan KPPS juga melakukan simulasi kegiatan seperti ini juga", imbuhnya.

Diakhir sesi wawancara, Eko juga meminta kepada rekan-rekan awak media, apabila dalam proses simulasi menemukan adanya kekurangan ataupun kejanggalan untuk menyampaikan ke KPU. (Ali Rachmansyah)
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia
© Copyright 2022 - GLOBAL HUKUM INDONESIA