Breaking News

Wabup Bangka Adakan Penarikan dan Penyerahan KKN-PPM Priode 2 Tahun 2023 UGM


Global-hukumindonesia.com, Sungailiat, Bangka - Wakil Bupati Bangka Syahbudin S.Ip., M.Tr.Ip., melakukan penarikan dan penyerahan mahasiswa peserta kuliah kerja nyata pembelajaran pemberdayaan masyarakat (KKN PPM) periode 2 tahun 2023 Universitas Gajah Mada Yogyakarta di Rumah Dinas Wabup, Rabu (9/8/2023) malam.

Syahbudin dalam sambutannya memberikan apresiasi atas terselesaikan kegiatan KKN para mahasiswa UGM. Menurut Wabup berbagai pengalaman selama menjalankan KKN merupakan bagian dari pembelajaran yang sangat berharga sebagai proses penyempurnaan antara teori dan praktek.

"Pada saatnya nanti, para mahasiswa akan menjadi bagian dari komunitas dan menjadi aktor kunci penggerak pengembangan pengetahuan yang didapatkan ruang kelas akan menjadi penyempurnaan melalui praktek pembelajaran dan pemberdayaan. Para mahasiswa telah menginvensi berbagai karakter sosial, adat istiadat dan kondisi geografis," sebutnya.

Ia menuturkan jika dipastikan mahasiswa telah menghadapi berbagai tantangan dan permasalahan selama pelaksanaan KKN PPM ini. Pasalnya, semua ini menjadi pembelajaran yang sangat berharga. 

Ditambahkan Syahbudin apabila mahasiswa ditantang untuk memiliki inisiatif agar mampu memecahkan berbagai permasalahan yang dihadapi untuk mencari solusi terbaik. 

"Pelaksanaan kegiatan KKN PPM UGM tahun ini menjadi berbeda. Pemerintah Kabupaten Bangka menekankan agar program kerja para mahasiswa dapat menghasilkan output produk inovasi. Inovasi yang dihasilkan diharapkan dapat mendukung program strategis Kabupaten Bangka secara berkelanjutan untuk mendorong percepatan pembangunan di kawasan perdesaan," tegasnya.

Dengan dipamerkan beberapa produk inovasi yang telah dihasilkan oleh para mahasiswa, Wabup katakan akan memasukkan dalam data base laboratorium inovasi daerah Kabupaten Bangka. Dan ia juga berharap agar produk inovasi tersebut dapat berkelanjutan dan dimanfaatkan serta dikembangkan oleh masyarakat.

Dirinya juga menitip pesan kepada para camat, lurah dan kades untuk tetap memonitor, mendampingi dan mendorong kepastian keberlanjutan inovasi tersebut.

"Jika inovasi ini diperhatikan, dilanjutkan dan dikembangkan maka dipastikan akan berdampak tinggi terhadap pergerakan perekonomian masyarakat perdesaan. Saya harap, program inovasi yang telah dilakukan oleh para mahasiswa ini ditindaklanjuti oleh para peserta mahasiswa yang KKN di tahun berikutnya," tuturnya.

"Kami berharap kepada UGM agar pada tahun berikutnya tetap menjadikan Kabupaten Bangka sebagai locus prioritas pelaksanaan KKN PPM. Saya menyakini bahwa program KKN PPM telah kecakapan hidup para mahasiswa untuk menjadi pribadi yang lebih mandiri, memupuk jiwa kepedulian yang tinggi, membangun solidaritas sosial yang kuat, membentuk jiwa kepemimpinan yang unggul, membangun kerjasama tim yang tangguh, menciptakan gagasan yang baru serta mengasah keterampilan pemecahan masalah. Saya doakan, semoga mahasiswa berhasil menyelesaikan kuliah dengan hasil terbaik", pungkasnya. (Ali Rachmansyah)
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia
© Copyright 2022 - GLOBAL HUKUM INDONESIA