Breaking News

Respon Cepat Tim Kesehatan Satgas Pamtas RI- PNG Yonif RK 111/KB Bantu Pasien Distrik Warokop, Boven Digoel Papua Selatan


Global-hukumindonesia.com, Aceh Tamiang - Anggota Pos Upkim Satgas Pamtas RI-PNG Yonif RK 111/KB yang baru datang dari Aceh Tamiang bertugas menggantikan Satgas Yonif 725/WRG dipimpin oleh Lettu Wanda.

Selain tugas Pokok mengamankan Perbatasan RI-PNG serta patok batas Negara, Satgas Pamtas RI-PNG yang bergerak dibawah Korem 174/ATW, juga melaksanakan Program Binter salah satunya Program Kampung Sehat.

Kitorang Basudara yang artinya, kita semua orang bersaudara atau kita orang asli Papua, berdasarkan informasi dari kepala Kampung bahwa, ada salah satu warga atas Nama Agustinus Maimop (42Th) yang sedang sakit, berdomisli di Kampung Ican, Distrik Warokop yang butuh pertolongan dan perobatan, dengan jarak tempuh kurang lebih 9,5 Km dari Pos Tim Kesehatan, Satgas Pos Upkim langsung kelokasi, Kabupaten Boven Digoel Papua Selatan. Senin (14/08/2023).

Progam Binter salah satu program Kampung sehat, dengan adanya Tim Kesehatan di tiap Pos bertujuan memberikan pelayanan kesehatan gratis bagi warga yang membutuhkan yang ingin berobat khususnya di Daerah terpencil yang terbatas dengan tenaga kesehatan,

Hal tersebut, Lettu Inf. Wanda, selaku Danpos melalui Serka Faisal, dengan WhataAppnya menyampaikan kepada Media Global-hukumindonesia.com bahwa "Sudah sepatutnya kehadiran kami berguna dan bermanfaat untuk Warga dari segi keamanan maupun segi Kesehatan, sepert di desa terpencil sperti di Distrik Warokop. Hal ini, kami juga terus berkordinasi dengan Instansi terkait jika kekurangan obat kita akan kordinasi dengan dinas kesehatan terdekat", ujar Lettu Inf Wanda.

Hal ini juga, masyarakat sering datang ke Pos untuk berobat. Jika Pasien tidak bisa ke Pos, kami langsung turun ke kampung guna melihat sekaligus mengecek kesehatan Masyarakat. 

"Kebetulah hari ini kami mendapat laporan dari kepala Kampung ada salah satu warga yang usai melaksanakan operasi tumor butuh pengobatan, mendapat informasi tersebut, Danpos perintahkan Tim Kesehatan Lapangan disertai beberapa personil Pos turun melihat langsung Kondisi Pasien.

"Setibanya dirumah pasien Tim Kesehatan Satgas Yonif RK 111/KB langsung melakukan pertolongan dengan perawatan dilakukan tensi dan periksa suhu tubuh pada Pasien. Selain itu anggota kami mengganti perban pasca operasi tumor dan memberikan obat-obatan kepada pasien, ungkap Danpos Lettu Inf Wanda.

Danpos Lettu Inf Wanda, menambahkan "Kepala Kampung Bapak Egen menuturkan kepada Kami, ucapan terimakasih dengan adanya program Kampung Sehat Satgas Pamtas RI-PNG Yonif RK 111/KB merupakan program peduli bagi Masyarakat Papua di bidang kesehatan khususnya di Wilayah terpencil yang jauh dari Puskesmas, sehingga adanya program ini sangat besar manfaatnya, tutur Kepala Kampung Egen kepada Kami.

Selanjutnya, kegiatan yang dilaksanakan Satgas Yonif RK 111/KB mendapatkan sambutan yang baik dari warga karena merasa terbantu sekali, tambah Danpos Lettu Inf Wanda", terang Serka Faisal, kepada Media. (Leli S)
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia
© Copyright 2022 - GLOBAL HUKUM INDONESIA