Breaking News

Pj. Bupati Aceh Tamiang Ikuti Simposium Pendidikan Forumn Group Discussion di Jakarta


Global-hukumindonesia.com, Aceh Tamiang - Saat mengikuti Simposium Pendidikan dan Forum Group Discussion (FGD) bersama APKASI dan sejumlah Perguruan Tinggi, di Jakarta, pada Selasa (8/8), Pj. Bupati Aceh Tamiang, memberikan apresiasi kepada Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) konsisten mendorong serta mengimplementasikan program peningkatan sumber daya manusia di daerah. Kamis (10/8/2023).

“Pj. Bupati Aceh Tamiang Dr. Drs. Meurah Budiman, SH., M.H., juga menyebutkan "Simposium Nasional menjadi forum penting untuk kolaborasi antara Pemerintah Daerah dan Perguruan Tinggi sebagai langkah konkret guna mendorong pembangunan berkelanjutan di Indonesia", tutur Meurah menyampaikan melalui via selular.

Mengikuti Simposium Pendidikan dan Forum Group Discussion (FGD) bertemakan “Mewujudkan Sumber Daya Manusia Sehat dan Unggul melalui  Kemitraan Perguruan Tinggi Negeri dalam Program 2500 Beasiswa Daerah Menyongsong Indonesia Emas 2045”.

“Pemberian beasiswa tahun 2024 bagi mahasiswa yang akan kuliah pada sejumlah PTN melalui penandatanganan kerjasama APKASI dengan sejumlah universitas di Indonesia untuk memberikan kemudahan bagi mahasiswa", sebut Meurah Budiman.

Berlangsung kegiatan selama sehari Pj. Bupati Aceh Tamiang ikut menyaksikan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) dengan para Rektor Perguruan Tinggi Negeri (PTN), merupakan tindak lanjut audiensi antara APKASI dan rektor terkait kemitraan Apkasi dengan perguruan tinggi dalam program beasiswa dalam negeri.

Penandatanganan MoU ini melibatkan 20 perguruan tinggi terkemuka di Indonesia, di antaranya, Universitas UPN Veteran Yogyakarta, Politeknik Keuangan Negara STAN, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, dan perguruan tinggi kenamaan lainnya.

Hal tersebut, Pj. Bupati Meurah Budiman, mengatakan "MoU tersebut, menjadi langkah nyata dalam mewujudkan kerja sama yang erat antara Pemerintah Daerah seluruh kabupaten di Indonesia dengan Perguruan Tinggi guna peningkatan kapasitas dan kualitas sumber daya manusia lewat dukungan program beasiswa dalam negeri. 

"Pemerintahan Kabupaten Aceh Tamiang baru saja menyalurkan lebih dari 700 beasiswa atau bantuan belajar daerah kepada para mahasiswa yang berasal dari Bumi Muda Sedia", ujar Pj. Bupati Aceh Tamiang.

Selanjutnya, Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Abdullah Azwar Anas, turut hadir. Berbicara di forum itu, Menpan-RB menyoroti pentingnya peningkatan kualitas sumber daya manusia untuk menggali potensi daerah. Ditegaskannya, kerjasama antara APKASI dan perguruan tinggi dipandang sebagai langkah penting untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan mendukung pembangunan berkelanjutan di Indonesia.

Acara ini tidak hanya menjadi momentum penandatanganan MoU, tetapi juga sebagai platformberharga bagi pemangku kepentingan. Para perwakilan Pemerintah Daerah, perguruan tinggi, serta pakar di bidang pendidikan dan kesehatan memiliki kesempatan untuk berkolaborasi, berbagi ide, dan merancang solusi inovatif dalam menghadapi tantangan pemberdayaan SDM di masa depan.

Dengan dukungan erat antara sektor pendidikan, kesehatan, dan pemerintah daerah, kerja sama multipihak ini memiliki potensi untuk menghasilkan perubahan signifikan dalam pengembangan sumber daya manusia yang unggul dan sehat. Harapannya, langkah ini akan membantu mengakselerasi perjalanan menuju cita-cita Indonesia Emas 2045, di mana bangsa ini dapat menghadirkan generasi masa depan yang berkompeten, inovatif, dan mampu berkontribusi positif dalam pembangunan berkelanjutan. Sumber berita Humas Pemkab Aveh Tamiang. (Ls)
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia
© Copyright 2022 - GLOBAL HUKUM INDONESIA