Breaking News

Papua Selatan Bersama Satgas Pamtas RI-PNG Yonif RK 111/KB Gelar Upacara HUT RI ke-78


Global-hukumindonesia.com, Aceh Tamiang - Masyarakat Papua Selatan bersama Satgas Pamtas RI-PNG Yonif RK 111/KB selenggarakan upacara dalam rangka peringati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78, yang digelar secara adat menggunakan busana adat daerah yang pertama kali dilaksanakan, pelaksanaan berlangsung di Kampung (Desa-red) Naga Distrik Jair Kabupaten Boven Digoel Papua Selatan. Selasa (18/0872023).

Detik-detik proklamasi Kemerdekaan RI ke-78 tahun 2023 yang diselenggarakan terbilang unik, secara adat Istiadat budaya Papua, merupakan bentuk kecintaan Masyarakat pedalaman kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), terlihat banyaknya Bendera Merah Putih berkibar di setiap Distrik Sepanjang Kabupaten Boven Digoel Papua Selatan, sebagai bentuk kesadaran dan rasa bangga mereka terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Lettu Inf Puput Jayanto, selaku Danki Pos Koki Camp Modern Satgas Pamtas RI-PNG, melalui Serka Faisal, dengan WhatsAppnya menjelaskan kepada media Global-hukumindonesia.com bahwa "Kegiatan Upacara Bendera Merah Putih merupakan bagian dari Program Kampung Pancasila, dimana kegiatan tersebut, yang pertama kali dilaksanakan sehingga antusias masyarakat terlihat hikmat pada saat bendera berkibar pada tanggal 17 Agustus 2023.

"Pelaksanaan ini juga tidak lepas dari pengamanan oleh Anggota Pos TNI dari Satgas Pamtas RI-PNG Yonif RK 111/KB agar kegiatan berjalan aman dan terkendali", jelas Lettu Inf Puput.

Danki Pos Koki Camp modern Lettu Inf Puput, juga menambahkan "Seusainya pelaksanaan upacara, kegiatan dilanjutkan perlombaan tarik tambang, yang mencerminkan kekompakan serta semangat kebersamaan dan gotong royong juga solidaritas, memiliki rasah persatuan dan kesatuan dalam bahu membahu.

"Menginggat betapa kerasnya para Pahlawan yang berjuang guna mendapatkan Kemerdekaan, mempertahankan Negara Kesatuan Republik Infonesia (NKRI) dari tangan penjajah, tambah Lettu Inf Puput.

Diakhir kegiatan, Lettu Inf Puput, menyebutkan "Sebelumnya pelaksanaan Pengibaran Bendera Merah Putih oleh tim pelajar dari Kampung Naga Distrik Jair, terlebih dahulu tim tersebut, mendapatkan pelatihan dari Anggota Satgas Pamtas RI-PNG Yonif RK 111/KB, yang dibantu oleh Instansi terkait Koramil dan Polsek, serta mendapat dukungan dari Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat dan Tokoh Agama setempat, sehingga pelaksanaan pengibaran bendera merah putih pada tanggal 17 Agustus 2023 berjalan dengan sukses dan aman, sebut Lettu Puput Jayanto", ucap Faisal kepada media.

Turut hadir pada upacara tersebut, unsur Muspika, para pelajar dan tokoh Adat setempat, serta Anggota Satgas Pamtas RI-PNG Yonif RK 111/KB dari Pos Camp Modern, selain upacara pengibaran bendera masyarakat juga mengikuti sejumlah perlombaan yang salah satunya lomba tarik tambang. (Leli S)
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia
© Copyright 2022 - GLOBAL HUKUM INDONESIA