Breaking News

Masyarakat Desa Bintet Belinyu Antusias Hadiri Kunker Pj Gubernur, Kolaborasi Pemkab dan Provinsi Dalam Gule Kabung


Global-hukumindonesia.com, Bangka - Program Pj Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang telah dikenal dengan istilah Gubernur Langsung Eksekusi Kerja Bersama untuk Membangun Bangka Belitung atau Gule Kabung kini telah menyasar ke warga masyarakat yang berada di Kecamatan Belinyu, khususnya di warga Desa Bintet, Senin, 07/8/2023.

Gule Kabung program unggulan yang telah diinisiasi langsung oleh Pj Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Suganda Pandapotan Pasaribu dan kini telah dipatenkan melalui Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI beberapa bulan yang lalu.

Hadir dalam pertemuan tersebut, Pj Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Dr. Suganda Pandapotan Pasaribu, AP, M.Si, Bupati Bangka, H. Mulkan, SH, MH, para Forkopimda Provinsi Babel, para Forkopimda Kabupaten Bangka, Anggota DPR RI Dapil Bangka Belitung, Bambang Patijaya, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bangka Hj. Yusmiati Mulkan, SE., Kepala OPD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,  para Kepala OPD Pemkab Bangka, Anggota DPRD Provinsi dan Kabupaten Bangka, dan Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Warga Masyarakat yang berada di Desa Bintet, Kecamatan Belinyu. Kabupaten Bangka.

Saat menyampaikan sambutannya Bupati Bangka, H. Mulkan SH, MH, menjelaskan pada malam hari ini semua petinggi Pejabat yang ada di Provinsi Kepulauan Babel serta Kabupaten Bangka telah hadir dan berkumpul di program acara yang telah diinisiasi oleh Pj Gubernur dikenal dengan istilah Gule Kabung.

“Terima kasih kepada bapak kita Pj Gubernur Babel yang menginisiasi kegiatan pada malam hari ini dan semua forkopimda yang berada di Provinsi Bangka Belitung maupun Kabupaten Bangka yang telah hadir di acara pada malam hari ini. Terkhusus kepada masyarakat kita yang ada di desa Bintet, kecamatan Belinyu yang sudah hadir pada malam hari ini dan kalau ada aspirasi yang ingin bapak/ibu sampaikan kami persilahkan nantinya,” kata H. Mulkan.

Lebih lanjut, H. Mulkan menuturkan program kegiatan Gule Kabung ini adalah merupakan suatu program unggulan yang diinisiasi langsung oleh Pj Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, tanpa ada dukungan dari semua pihak, baik itu para Forkopimda yang ada di Provinsi maupun juga di Kabupaten Bangka serta warga masyarakat semuanya program ini tidak akan ada artinya.

“Baik itu program apapun yang kita canangkan serta kita laksanakan untuk masyarakat kita, tapi tanpa adanya dukungan maupun support kita bersama, tidak akan berarti apa-apa. Maka dari itulah kami pada kesempatan ini sangat mengharapkan dukungan dari semua pihak, baik itu para forkopimda kita yang ada di provinsi maupun di Kabupaten Bangka untuk bersinergi bersama,” jelasnya.

Ditambahkannya, untuk Program Gubernur langsung Eksekusi Kerja bersama untuk membangun Bangka Belitung ini memang sangat dirasakan oleh masyarakat yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Dan ini semua tidak terlepas dari peran serta dan kolaborasi bersama baik antara pihak Provinsi, Kabupaten dan Kota. Maka dari itu diharapkan kepada semua Pejabat yang hadir pada malam hari ini, sesuai koridor dan tupoksi masing-masing hendaklah untuk bergandengan tangan serta saling mendukung dan bersinergi bersama untuk Bangka Belitung lebih baik lagi.

“Marilah kepada kita semua yang hadir pada malam hari ini, untuk selalu bergandengan tangan serta saling mendukung dan bersinergi bersama demi mewujudkan untuk Bangka Belitung kita agar lebih baik lagi kedepannya,” tuturnya.

Sementara itu, Pj Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung  Dr. Suganda Pandapotan Pasaribu, AP, M.Si menjelaskan program ini khususnya Gule Kabung adalah merupakan suatu program inovasi dan terobosan yang memang telah dirancang sedemikian rupa, untuk bertujuan mendengarkan secara langsung aspirasi serta masukan yang disampaikan langsung warga masyarakat yang ada di Provinsi Bangka Belitung.

“Untuk program gule kabung kita saat ini, kami sudah laksanakan di beberapa tempat. Pada awalnya kita laksanakan di Bangka selatan, di beberapa desa, kemudian lalu kita laksanakan juga di Kabupaten Belitung dan Belitung timur, kemudian lalu di Bangka tengah dan pada malam hari ini kita di Kabupaten Bangka khususnya yang ada di desa Bintet kecamatan Belinyu. Kami sengaja menghadirkan para forkopimda kita maupun kepala OPD kita dari Provinsi serta pihak Pemerintah Kabupaten dan Kota untuk hadir mendengarkan masukan, saran serta aspirasi yang disampaikan langsung masyarakat kita," ucap Suganda Pandapotan.

Ditambahkannya, Program Gule Kabung ini tidak ada apa-apanya, tanpa sinergitas dan dukungan dari semha pihak. Maka dari itulah dalam mengusung Program Gule Kabung tersebut para Stakeholder yang ada dihadirkan pada jegiatan ini. Bertujuan untuk menampung aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat, dan sesuai tupoksi masing-masing punya tanggung jawab dan tugasnya sendiri-sendiri.

"Kalau aspirasi yang disampaikan itu kepada Pemerintah Provinsi, maka akan kita tampung dan akan kita carikan jalan keluarnya. Kalau di sampaikan kepada forkopimda, maka sesuai dengan tugas serta tupoksinya masing-masing. Maka nantinya kita akan berkooedinasi dengan pihak forkopimda maupun pemerintah Kabupaten dan Kota untuk mencari solusi serta jalan meluar yang terbaik untuk masyarakat", pungkas Pj Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Balitung.

Kunker Pj Gubernur Provonsi Kepuauan Bangka Belithn,  Suganda Pandapotan Pasaribu beserta Bupati Bangka, H. Mulkan, SH.MH disambut meriah oleh masyarakat Desa Bintet. Rombongan di sambut dengan iringan Dambus dan tari-tarian, untuk menjamu rombongan masyarakat melansanakan tradisi "Nganggung" acara nganggung ini dilaksanakan di Aula Kantor Desa Bintet Kecamatan Belinyu. Sekitar pukul 20.00 WIB dan di teruskan dengan acara ramah tamah Pj. Gubernur Babel dan Bupati Bangka Bersama masyarakat desa Bintet sampai dengan selesai. Agar ada pendekatan para rombongan dengan masyarakat. Sengaja para rombongan menginap di rumah-rumah warga. Besok paginya mulai pukul 07.00 WIB acara dilanjutkan dengan senam pagi bersama. Setelah itu dilanjutkan dengan ramah tamah dalam acara ini ikut hadir Gapoktan dari Desa-desa tetangga, seperti Desa Pemali, Desa Pugul, Desa Gunung Pelawan dll. Pj. Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Bupati Bangka meryerahkan secara simbolis bantuan kepada Gapoktan berupa bibit-bibit tanaman unggul dan juga Sapi. Sekitar pukul 09.00 WIB rombongan meninggalkan desa Bintet, acara dilanjutkan dengan pelayanan Samling, pelayanan setempoh, pelayanan jasa raharja, pelayanan medical cek up, pelayanan Simling, dan Servis kedaraan roda 2 dari Honda. 

Salah satu masyarakat yang sempat di wawancarai oleh awak media Global-hukumindonesia.com mengatakan sangat senang dengan kedatangan Orang nomor 1 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Orang nomor 1 di Kabupaten Bangka "Kami sangat senang dan gembira dengan kedatangan mereka, jarang sekali pemimpin yang mau datang kepelosok seperti ini, apalagi sampai mebginap di rumah warga", Terang salah Satu warga Desa Bintet.  (Maryadi)
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia
© Copyright 2022 - GLOBAL HUKUM INDONESIA