Breaking News

Perdana Panen Talas Beneng Dihadiri Dandim 0117/Atam Serta Jajarannya

Global Hukum Indonesia, Aceh Tamiang - Kodim 0117/Aceh Tamiang Letkol Cpn Yusuf Adi Puruhita, laksanakan Panen perdana Talas Beneng melalui kelompok Tani Binaan Kodim 0117/Atam, bertempat Kampung (Desa-red)  Padang Langgis, Kecamatan Seruway, Kabupaten Aceh Tamiang. Jumat (24/09/2021).

Hal tersebut, Letkol Cpn Yusuf Adi Puruhita, mengatakan "Sangat apresiasi telah waktunya panen Talas Beneng, berharap, nantiny dapat menambah pengahasilan pendapatan prekonomian Keluarga, merupakan langkah awal guna meningkatkan  kesejahteraan Keluarga menjadi lebih baik. Awalnya, kita tidak tahu manfaat Talas Beneng, Sekarang sudah jadi komoditi luar biasa,” ucapnya.

Letkol Cpn Yusuf Adi Puruhita, menambahkan "Talas beneng dan umbi umbian bisa dijadikan bahan baku industri pangan, yang berbasis karbohidrat, menjadi olahan seperti tepung, keripik, es krim, kue, kosmetik dan lainnya. Kemudian daun talas bisa menjadi bahan tembakau rokok, herbal tanpa nikotin. Hal tersebut luar biasa, katanya, yang merupakan terobosan bagi Kabupaten Aceh Tamiang dan daerah lainnya", tambahnya Letkol Cpn Yusuf.

"Waktunya panen perdana daun Talas Beneng berusia empat bulan, dengan luas lahan 1/2 hektar, dengan harga daun basah 1000 rupiah perkilo, dan daun kering di harga 15000 rupiah. Dan umbi yang masih basah fengan harga 1000 rupiah, umbi kering dengan harga 7000 rupiah, pemasarannya langsung di ambil oleh PT. Andalan Jaya, yang berada di kota lintang Kecamatan Kota Kuala simpang Kabupaten Aceh tamiang. Tanaman budi daya Talas Beneng tersebut, pertama kali di propinsi Aceh dan satu - satunya di Kabupaten Aceh Tamiang.

"Kita dari TNI akan terus berupaya melaksanakan pembinaan dan pendampingan untuk meningkatkan pendapatan para petani, dengan mengajak mereka berkreasi dan berinovasi dalam mengembangkan pertaniannya," ungkap Letkol Cpn Yusuf.

Di tempat yang sama, Ketua Kelompok Tani Talas Beneng Ibnu Sina, menyampaikan "Ucapan terimakasih kepada Kodim 0117/Atam, khususnya kepada Batuud Koramil 01/Kuala Simpang Pelda Sarbaini yang selalu mendampingi kelompok Tani mulai dari pengolahan lahan, masa tanam sampai dengan waktunya panen", paparnya.

Hadir diantaranya Dandim 0117/Atam Letkol Pnb Yusuf Adi Puruhita, Pasiintel Kodim 0117/atam  Kapten Nunu Rukmana, Danramil 03 / srwy Kapten Inf. Sri indrajo, Pasiter Kodim 0117/ atam Lettu Inf. Faisal Hadi, Danunit intel Kodim 0117/ atam Letda Inf Lusmin,  Kapolsek seruway di Wakili Kanit Provost Ipda Harahap, Kepala Dinas pertanian Kab. Atam M.Yunu, Camat seruway, Babinsa Ramil 03 / seruway Serda Jefri, Babinkamtimas polsek seruway Bripka M. Yusuf,  Ketua kelompok Tani talas beneng  Ibnu Sina,  Datok penghulu padang Langgis Ridwan, Imam Desa Padang Langgis Abduh sani dan Anggota petani talas beneng. (Leli S)
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia
© Copyright 2022 - GLOBAL HUKUM INDONESIA