Breaking News

Dinas Lingkungan Hidup Didemo Mahasiswa

Global-hukumindonesia.com, Sukabumi - Puluhan Mahasiswa dari Himpunan Mahasiswa Asal Sukabumi (HIMASI) menggelar aksi demonstrasi di depan Kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sukabumi, Jumat 24/9/2021, seperti yang dilansir Detik news. Mereka mempertanyakan kinerja yang dianggap kurang peka terhadap sejumlah isu lingkungan yang saat ini terjadi.

Danial Fadhilah, Ketua Umum PB HIMASI mengatakan aksi yang digelar merupakan akumulasi pengaduan warga yang dinilai minim tindakan dari DLH.

"Aksi ini dipicu adanya aduan dari masyarakat serta hasil dari pada pertemuan investigasi kami di lapangan, maka kami PB HIMASI membawa sejumlah tuntutan kepada DLH Kabupaten Sukabumi", kata Danial.

Pihaknya juga menyoroti soal perambahan hutan yang tidak sesuai dengan aturan. Kondisi tersebut tentu membuat kualitas lingkungan menjadi buruk.

"Eksploitasi hutan yang dilakukan oleh pihak-pihak tertentu senantiasa menyimpang dari peraturan perundang-undangan yang ditetapkan oleh pemerintah setempat,atau dikeluarkan oleh negara yang bersangkutan,ataupun etika dan estetika yang dianut oleh masyarakat setempat, Penyimpangan yang dilakukan oleh orang-orang tertentu, yang mengatasnamakan pembangunan lingkungan, tetapi sebenarnya merusak lingkungan", beber Danial.

Adapun tuntutan mahasiswa antara lain:

1. Pemberhentian sumber pencemaran dan pembersih unsur pencemar.

2. Remidiasi (upaya pemulihan) pencemaran lingkungan hidup untuk memperbaiki mutu lingkungan hidup.

3. Rehabilitasi upaya pemulihan untuk mengembalikan nilai, fungsi dan manfaat lingkungan hidup, termasuk pencegahan kerusakan lahan, memberikan perlindungan dan memperbaiki ekosistem.

4. Restorasi (menjadikan lingkungan hidup atau bagian nya berfungsi Kembali sebagaimana mestinya.

5. Evaluasi kinerja KADIS DLH Kabupaten Sukabumi karena tidak becus dalam bekerja.

Pantauan di lokasi mahasiswa bergantian melakukan orasi di depan gerbang masuk menuju DLH Kabupaten Sukabumi. Personel Polres Sukabumi dan Satpol PP juga terlihat berjaga di depan area tersebut. (Rd.Hadi)
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia
© Copyright 2022 - GLOBAL HUKUM INDONESIA